Selasa, 03 Mei 2016

Pemograman Berorientasi Objek

Abstract Class

Abstract Class adalah Sebuah class yang tidak bisa di instansiasi(tidak bisa dibuat menjadi objek)dan berperan sebagai kerangka dasar bagi class turunannya. Didalam abstract class umumnya akan memiliki abstract method.
-          Abstract Method Adalah sebuah method dasar yang harus diimplementasikan ulang di dalam class anak (child class) Abstract method ditulis tanpa isi dari method melainkan hanya ‘signature’ nya saja. Signature dari sebuah method adalah bagian method dan parameternya.
Abstract class digunakan didalam inheritancve (pewarisan class) untuk memaksakan implementasi method yang sama bagi seluruh class yang diturunkan dari abstract class. Abstract class juga digunakan untuk membuat struktur logika penurunan didalam pemograman objek.
Konsep Abstract class dan abstract method akan ;lebih mudah dipahami dengan menggunakan contoh.
Misalkan kita ingin membuat class yang terdiri dari berbagai jenis komputer seperti class laptop, class PC, class netbook, dan lain-lain. Seluruh class itu tentunya memiliki sifat-sifat komputer, seperti memiliki spesifikasi, memiliki processor, dan membutuhkan listrik dalam implementasinya, kita bisa membuat seluruh class ini diturunkan dari class komputer.

Package
Package adalah sebuah sarana untuk mengelompokan atau mengorganisasikan kelas dan interface yang sama atau sekelompok menjadi satu unit tunggal dalam library. Package mempengaruhi mekanisme hak akses ke kelas didalamnya. Hal terpenting yang harus diperhatikan pada saat mendeklarasikan pacage, bahwa class tersebut harus disimpan pada suatu directory yang sama dengan nama package nya. Alasan menggunakan package adalah untuk mudahnya developer dalam hal mencari dan me-manage akses yang diberikan, mengerti  akan konsep dari package akan membaantu mengelola dan menggunakan file yang didimpan didalam JAR (Java Archive).

Casting Objek
Casting adalah proses konversi data dari suatu tipe ke tipe yang lain. Kita juga akan belajar bagaimana mengkonversi tipe data primitif ke obyek dan sebaliknya. Kemudian, pada akhirnya kita akan belajar bagaimana. Membandingkan sebuah obyek, serta menentukan nama kelas dari suatu objek.
Casting tipe data Primitif
Ada sebuah tipe data primitf yang tidak dapat dicasting, yaitu tipe data boolean.
Contoh :
Implisit casting
Int nilai=80.
Double dnilai=nilai.
Implisit casting terjadi jika tipe awal lebih kecil kapasitasnya.
Ekspilist casting
Double dnilai =90;
Int nilai = (int) dnilai;
Explicit cast terjadi jika tipe awal lebih besar dari pada tipe tujuan.
Casting Objek
Instance dari sebuah kelas dapat diubah ke instance kelas yang lain, dengan syarat kelas-kelas ini harus terhubung dengan mekanisme inheritance (kelas dengan subkelasnya).

Overloading Dan Overridding
Overloading adalah suatu function yang memiliki parameter, dan function tersebut dapat memiliki nama function yang sama dengan yang lainnnya dengan syarat jumlah parameter mesti berbeda.
Overriding adalah suatu keadaan dimana kelas anak dapat mengubah atau bisa kita bilang memodifikasikan atau memperluas data dan method pada kelas induk.
Keuntungan overrifing dapat menambahkan sifat/atribut pada kelas induknya.

Pewarisan Interface
Pewarisan Interface adalah hubungan antara class dimana dalam satu class ada superclass atau class induk dari class yang lainnya. Pewarisan menunjuk pada properti dan behavior yang diterima dari class .

Kesimpulan Dari Abstract Class, Package, Casting Objek, Overloadin Dan Overriding , dan pewarisan interface. 
A.    Package adalah sarana untuk mengelompokkan kelas-kelas dan interface yang sekelompok menjadi suatu unit tunggal dalam library.
B.  Casting object digunakan untuk mengkonversi nilai primitif menuju tipe yang lebih besar,
C.  Overloading merupakan satu function yang memiliki parameter dan function tersebut dapat memberikan nama function yang sama namun jumlah parameter harus berbeda.
D. Overriding yaitu dimana subclass dapat merubah atau memodifikasi data dan method pada parents class.
E.   Pewarisan interface yaitu sebuah kelas dapat mewarisi interface dengan menggunakan kata kunci implements, dimana kelas tersebut dapat mewarisi beberapa interface.
F.   Abstract Class tidak bisa dijadikan sebagai objek dan di gunakan didalam pewarisan class.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar